Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
Posted by admin on December 26 2016 05:00:15

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

 

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) adalah salah satu sub-program dari “Paket Pendidikan” yang digagaskan oleh Divisi Pendidikan dan Pengembangan Hima-SI (Selanjutnya disingkat DikBang). LDK merupakan program perdana dari DikBang yang terintegrasi dengan subprogram- subprogram lainnya yakni RAMAH SI (Revolusi Angkatan Muda HIMA SI) dan terakhir Inkubasi. Sehingga disimpulkan bahwa LDK merupakan ‘Stater Pack’ Angkatan Muda Hima-SI dalam memasuki Himpunan


Extended News

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) adalah salah satu sub-program dari “Paket Pendidikan” yang digagaskan oleh Divisi Pendidikan dan Pengembangan Hima-SI (Selanjutnya disingkat DikBang). LDK merupakan program perdana dari DikBang yang terintegrasi dengan subprogram- subprogram lainnya yakni RAMAH SI (Revolusi Angkatan Muda HIMA SI) dan terakhir Inkubasi. Sehingga disimpulkan bahwa LDK merupakan ‘Stater Pack’ Angkatan Muda Hima-SI dalam memasuki Himpunan.
LDK dikemas dalam bentuk Self Development Week (Minggu Pengembangan Diri) dimana pada setiap minggunya kegiatan ini memiliki tema-tema dengan pembicara yang telah disusun secara sistematis dan bertahap untuk membekali Angkatan Muda.
Tema-temanya terdiri dari Organisasi, Leadership, Birokrasi, Attitude, dan Time Management

Leadership
Materi Leadership ini dijelaskan oleh Galih Sumantri S.Kom, menurutnya kepemimpinan itu adalah seseorang yang punya dan berfikir positif juga mengikuti arah dan peraturan sebuah organisasi. Pemimpin juga harus memiliki jiwa berani, komunikasi yang baik dan adaptasi.
Dijelaskan juga bahwa dalam organisasi seseorang harus ‘Enjoy The Process’ karena setiap keputusan yang diambil pasti memiliki resiko, serta menjelaskan tentang Personality Plus yaitu 4 jenis Kepribadian (Sanguins, Koleris, Melankolis, Phlegmatis) yang bisa dimiliki seseorang.
Organisasi
Andri Hadiansyah mengajarkan kita peran dan fungsi organisasi, dimulai dari apa itu organisasi, apasaja yang terdapat didalamnya, siapa yang mengendalikan organisasi tersebut dan tentunya Manfaat dalam mengikuti organisasi tersebut.




Birokrasi
Materi tentang Birokrasi Internal kali ini dijelaskan oleh Sani Satia Nugraha dimana Birokrasi itu sendiri diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando. Pada rantai komando ini setiap posisi serta tanggung jawab kerjanya dideskripsikan dalam organigram. Walaupun kurang fleksibel ciri lain dari birokrasi biasanya terdapat banyak lembar yang harus dilengkapi dan pendelegasian wewenang harus dilakukan sesuai dengan hirarki kekuasaan.
Kali ini dipaparkan langkah –langkah birokrasi internal aktifitas Hima-SI seperti alur pengorganisasian piket, alur kerjasama dengan Himpunan/UKM/Dosen, alur peminjaman atau pengembalian barang dan lain sebagainya.
Berbeda dari Birokrasi Internal sebelumnya kini Birokrasi Eksternal lebih menjelaskan tentang Tahapan Sebuah Acara yang di dalamnya mengandung Perencanaan (Basic Thinking), Persiapan (Proposal) dan Pelaksanaan/pasca Pelaksanaan.

Time Management
Pada Materi ini lebih dijelaskan tentang Manajemen waktu. Hal itu sangatlah penting karena waktu adalah sesuatu yang tidak bisa diulang dan cepat berlalu. Waktu juga sebagai modal dalam mengorganisir kehidupan dan memiliki arti yang berbeda-beda. Dwi Djuniaty memberikan kiat-kiat manajemen waktu, manfaatnya dan hal apa saja yang menimbulkan kegagalan dalam manajemen waktu.
Attitude
Materi attitude kali ini disampaikan oleh M.Izza , menurutnya setiap orang harus memiliki attitude yang baik, karena banyak sekali orang-orang yang belum tau cara bersikap dengan baik dan benar, kang izza juga memberikan kiat-kiat menarik dalam bersikap.


Puncak acaranya, setelah mendapatkan secercah bekal dari Self Development Week yang telah dijalani, Angkatan Muda ditantang dalam Membuat Proposal sebagai simulasi Angkatan Muda untuk terjun secara langsung mencoba ikut andil dalam membangun sebuah kegiatan, bermodalkan mater-materi yang telah dipaparkan sebelumnya.